Beberapa Fungsi Geotekstil atau Geosintetik

Beberapa Fungsi  Geotekstil  atau  Geosintetik


        budiirvan346@ymail.com
        The ministry of Industry, High School Textile Technology Bandung, Indonesia

Geosintetik atau yang biasa dikenal dengan geotekstil, banyak digunakan beberapa ahli teknik sipil untuk merekayasa suatu sifat media, dapat berupa tanah. Geosintetik ini adalah salah satu material bagian dari disiplin tekstil teknik yang semakin hari semakin pesat diaplikasikan dibeberapa kontruksi sipil. Sfat-sifat tekstil yang berasal dari polimernya dan struktur atomnya dibuat sedemikian rupa untuk mendapatkan beberapa keuntungan dan fungsi.  Beberapa pendapat mengatakan bahwa kedepan geotekstil akan menggantikan fungsi logam-logam seperti besi untuk merekayasa kontruksi seperti jembatan, fondasi, bangunan, bendungan dan lain sebagainya. Dibawah ini adalah beberapa fungsi Geosintetik atau geotekstil secara umum.

1. SEPARASI
Fungsi  Geotekstil sebagai separasi yaitu sebagai pemisah antara dua jenis lapisan tanah yang berbeda granulasinya, atau dua jenis lapisan dari material yang berbeda yang harus dipisahkan, tanpa mencegah sirkulasi air. 
Aplikasi  penggunaanya antara lain seperti timbunan, Jalan Raya, Jalur rel kereta api, reklamasi  pantai, dll.
Beberapa merk dagang yang ada di pasaran seperti  Terra Felt, Compo Felt, Georaffore

2. STABILISASI
Fungsi ini yaitu dalam rangka menyebarkan beban pada tanah lunak agar lebih merata, sehingga tanah tsb dapat menopang dengan baik konstruksi yang akan dibangun di atasnya.
Aplikasi penggunaanya seperti  Timbunan, Jalan Raya, Jalur rel kereta api, reklamasi  pantai, dll.
Beberapa merk dagang yang dikenal seperti  PET BX Terra Grid, PP BX Terra Grid, Georaffore, Compo Felt, Stabilenka

3. PERKUATAN
Fungsi perkuatan yaitu sebagai pengikat pada konstruksi dinding penahan tanah, seperti pada bahu jalan dan lereng-lereng. Beberapa tempat memiliki sifat tanah yang tidak kuat menahan erosi. Fungsi ini banyak diaplikasikan seperti ketika pembuatan jalan yang harus memotong sebuah tebing atau tanah disamping jalan tersebut.
Banyak diaplikasikan untuk  dinding blok modular dan perkuatan lereng dengan Geobag maupun Gabion. Mek dagang seperti  UX  Terra  Grid, PET BX Terra Grid , PP BX Terra Grid , Georaffore , Compo Felt , Stabilenka .

 4. FILTRASI  
Fungsi Filtrasi adalah untuk mencegah migrasi partikel-partikel dari tanah atau lumpur bersama aliran air.  Dapat diibaratkan seperti karung yang besar, kemudian diisi oleh material partikel seperti lumpur atau pasir. Beberapa digunakan untuk mengurangi abrasi pantai atau sungai atau bendungan.
Aplikasi penggunaan seperti   Groin, Revetment, Breakwater, Pipa Drainase, Reklamasi, Pengerukan, dll.


Produk  yang diperdagangkan seperti  Terra Felt  dan Silt Curtain

5. LAPIS KEDAP
Apabila fungsi filtrasi adalah hanya mencegah partikel kecil dengan kata lain sifat cairan dapat dialirkan, maka fungsi  Lapis Kedap ini justru keduanya. Yaitu untuk mencegah merembesnya cairan atau material yang tidak diinginkan ke dalam tanah. Tujuannya agar tanah tidak mengalami kontaminasi .
Pengaplikasian banyak digunakan untuk penguatan Kolam Limbah Non Limbah pada beberapa industri yang limbanya sangat B3 tau bahan beracun berbahaya. Selain itu banyak digunakan untuk  danau buatan, Tempat Pembuangan Sampah,  Tailing dan Fly Ash, stockpile batu bara, pembuatan terowongan, dll.
Merk dagang yang ada dipasaran seperti  Geomembrane dan NaBento

6. DRAINASE
Fungsinya untuk mengalirkan air dari tanah secara vertikal maupun horizontal. Pada drainase vertikal, tujuannya adalah untuk mengalirkan air yang ada di lapisan tanah dasar, ke permukaan agar terjadi efek  konsolidasi. Sedangkan drainase horizontal adalah untuk mengalirkan air di permukaan tanah ke saluran pembuangan akhir.


Aplikasi penggunaan seperti  Reklamasi pantai, Stadion olahraga, lapangan golf, Pelabuhan, Timbunan, Bandara, dll.
Produk   yang diperdagangkan seperti Ringtrac, Flodrain, Megawick

7. PROTEKSI
Pada pemasangan Lapis Kedap, biasanya dibutuhkan proteksi atau pencegah agar pelapis kedap tidak sobek oleh  ketajaman material di bawahnya. Untuk itu maka dibutuhkan lapisan proteksi.

Beberapa aplikasi penggunaan seperti pembuatan  Kolam limbah  atau non limbah, Danau Buatan, Tempat Pembuangan Sampah, Tailing dan Fy Ash, Stockpile batu bara,  dan pembuatan terowongan, dll.
Merk dagang seperti   Terra Felt

8. PEMBUNGKUS
Material Tenun (Woven) dan bukan tenun( Non Woven)  Geotextile dapat digunakan sebagai pembungkus pasir atau mortar dan membentuk sebuah bantalan Geotextile. Konstruksi bahan seperti ini cocok  sekali pada daerah yang lokasinya berjauhan dengan quarry batu dan berdekatan dengan sumber pasir.
Aplikasipenggunaan untuk fungsi  Groin, Breakwater, Revetment, dll.
Merk dagang seperti  Marine Dyke, Incomat, Terra Sack, Ringtrac

9. PENAHAN EROSI
Beberapa sifat tanah memiliki partikel yang mudah sekali terbawa oleh air. Terlebih apabila curah hujan didaerah tesebut yang sangat tinggi. Sehingga fungsi Penahan Erosi ini adalah untuk melindungi permukaan tanah dari erosi akibat hujan atau aliran air pada permukaan.  Bagian permukaan tanah yang telah dilapisi geotekstil yang telah terlindung  dapat ditanami tumbuhan seperti rumput, bunga, berbagai jenis pohon, dll
Aplikasi  penggunaan seperti Lereng jalan , pembuatan Lapangan Golf, Tebing, dll.
Produk  yang sering dijumpai seperti merk dagang Fortrac 3D dan Incomat

10. PERKUATAN ASPAL
Beberapa kontruksi seperti landasan pesawat terbang, jalan raya memerlukan ketahanan beban atas yang sangat tinggi akibat penggunaan. Fungsi Perkuatan Aspal adalah untuk retak pada lapisan aspal akibat beban lalu lintas.
Aplikasi penggunaan seperti pembuatan Jalan Raya dan bandara.
Produk  yang dapat ditemui seperti HaTelit



referensi: Katalog Produk PT.Gotechnical Systemindo (GSi)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: