Persyaratan Proses Pemotongan


Persyaratan Pemotongan yang baik antara lain adalah:

1. Presisi pemotongan
Pemotongan harus akurat sesuai dengan pola yang telah digambar pada marker agar pada waktu perakitanya dapat menghasilkan pakaian dengan bentuk yang telah direncanakan. Keakuratan pemotongan ini tergantung dari ketrampilan operator potong. Perencanaan marker, pembuaatan marker, pemakaian pisau potong yang sesuai, ketajaman mata pisau serta motivasi operator. Pada mesin potong die-cut dan mesin potong yang dikendalikan oleh komputer, akurasi pemotongan seluruhnya bergantung kepada alatnya.

2. Hasil pemotongan harus bersih
Pinggiran hasil potongan tidak boleh kelihatan banyak benang kain yang tercabut akibat pisau potong yang kurang tajam.

3. Pinggiran kain hasil pemotongan tidak saling menempel
Hal ini terjadi pada pemotongan kain yang bersifat thermoplastik, kisalnya poliester 100% atau poliamida 100%. Gerakan pisau potong yang bergesekan dengan kain menyebabkan kenaikan tempertur  pisau potong .Bila temperaturnya mencapai titik leleh dari serat yang membentuk kainnya maka pinggiran kain bekas potongan akan saling melekat.Pemisahan pinggiran kain yang melekat ini selainmenambah pekerjaan juga mengakibatkan pinggiran kain tidak bersih (benangnya banyak yang tercabut). kadang-kadang pinggiran kain yang meleleh ini apabila sudah dingin akan menggumpal dan keras yang menyebabkan rasa kurang nyaman pada pengguaannya setelah kain tersebut menjadi pakaian.
Untuk menghindari hal tersebut diatas, dapat dilakukan dengan menggunakan kertas fusi, pisau potong yang selalu tajam menyemprot pisau dengan pelumas khusus pelumas.  Memperlambat kecepatan gerak mesin potong ,lapisan gelaran jangan terlalu tinggi.

4. Pemotongan yang konsisten
Cara pemotongan harus sedemikian rupa sehingga tidak terjadi kesalahan karena operator ata alat potongnya misalnya posisi pisau potong yang tegak lurus, sehingga makin tinggi lapisan kain dapat menyebabkan kesalahan hasil pemotongan.

by: Irvan Handri S.B
        High School Textile Technology, Ministry of Industry
        budiirvan346@ymail.com
            
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: