Desizing

Desizing atau Penghilangan Kanji
Proses penghilangan kanji bertujuan untuk menghilangkan kanji yang terdapat pada bahan atau benang lusi pada kain hasil pertenunan tanpa merusak seratnya. Lapisan kanji yang masih terdapat pada kain akan menghalangi penyerapan larutan pada proses-proses berikutnya. Penganjian dilakukan pada benang-benang lusi yang terbuat dari selulosa dan sintetik maupun campuran serat sebelum proses pertenunan untuk menambah kekuatan dan daya tahan gesekan selama proses pertenunan.


1.6.1 Beberapa cara penghilangan kanji
1.    Dengan oksidasi
2.    Beberapa zat pengoksidasi seperti hidrogen peroksida dan garam persulfat dapat digunakan untuk merusak (mendegradasi) kanji tanpa menyebabkan kerusakan serat selulosa sepanjang kondisi proses yang terkontrol. Beberapa zat pengoksidasi dapat dipakai sendiri-sendiri atau bersamaan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan murah. Adapun keuntungan penggunaan zat oksidator antara lain :
a)    Memberikan keuntungan degradasi kanji
b)    Sedikit memberikan efek pengelantangan sehingga proses penghilangan kanji dapat dilakukan sekaligus dengan proses pengelantangan.
c)    Zat oksidator akan merubah kanji menjadi terdispersi dan larut akibat dari terjdinya penurunan berat molekul dan derajad polimerisasi.
m(C6H10O5)n + H2O                            n(C6H10O5)m       m<n
kanji                                                 kanji rantai molekul

Pengerjaan penghilangan kanji dengan oksidator yaitu kain diimpregnasi dengan larutan oksidator kemudian di-batching beberapa jam atau dilakukan pengukusan selama 20 menit pada suhu 100-105 .
3.    Dengan enzim
Banyak digunakan karena tidak memerlukan  suhu yang tinggi dan lebih aman tanpa merusak serat kainnya. Enzim hanya sesuai untuk menghilangkan kanji polimer alam seperti kanji pati dan turunan selulosa.
Enzim merupakan senyawa protein yang kompleks yang terdiri asam-asam amino yang dalam proses penghilangan kanji berperan sebagai biokatalisator yang mempunyai aktivitas kerja yang spesifik.
Beberapa cara evaluasi penghilangan kanji dapat dilakukan sebagai berikut:
Uji (tes Iodida) dengan larutan KI Iodium. Larutan diteteskan pada permukaan kain yang telah diproses penghilangan kanji dan dapat dilihat warnanya.
Uji pengurangan berat, dihitung persentase pengurangan berat bahan sebelum dan sesudah proses penghilangan kanji.
Selain itu dapat juga dengan cara uji kekuatan tarik dan uji dibawah mikroskop
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: