Serat Bambu - Bambo Fiber

Houtecoulture From "BAMBO FIBER"
Serat Bambu

Sudah sejak jaman dahulu bambu dipergunakan sebagai bahan pakaian oleh orang-orang di Cina dan Jepang. “Berbagai penelitian dan kajian ilmiah pun sudah dilakukan, sehingga bambu dinilai sangat tepat untuk dijadikan bahan baku produksi pakaian yang pro lingkungan hidup.
Usianya hanya mencapai 3 sampai 5 tahun. Pada usia itu, bambu sudah bisa dipanen untuk berbagai keperluan bahan bangunan atau industri pakaian

Salah satu jenis bambu yang dapat diambil seratnya

Dan berikut adalah tahapan proses Pengekstrakan Serat Bambu:

Pengeksrtakan serat bambu dilakukan dengan membelah batang agar mudah diproses.

a. Proses Kimia.untuk Memperoleh serat ,Bambu dihancurkan dengan NaoH ,sehingga diperoleh suatu bentuk serat selulosa diregenerasi.Setelah Alkalization Hidrolisis dialakukan,dilanjutkan dengan Karbon disulfida melalui Multi Fase dikombinasikan Bleacing.

b.Proses Mekanik.Potongan bambu Hancur biolgis.bambu menjadi lembek,kemudian serat disisir keluar.Proses ini lebih ramah lingkungan.Serat yang dihasilkan selanjutnya dipintal menjadi benang dan diproses lebih lanjut.

Kelebihan  serat  Bambu : Secara Langsung

1. tumbuh secara alami tanpa pestisida atau bahan kimia.benar benar aman dipakai
2. Diteliti menggunakan mikroskop elektron Mengandung zat anti bakteri alami “penny quinine“. Meskipun serat kain bambu di cuci berulang kali dan dijemur, anti bakteri tak akan hilang. Bakteri yang masuk ke kain akan terbunuh sekitar 95 persen dalam waktu 24 jam. membuat pakaian serat bambu bebas bau dan gatal, juga punya efek menjaga tubuh terhadap serangan bakteri penyakit.
3.Fungsi menyerap dan mengeluarkan air

Di bawah mikroskop elektron dengan pembesaran 2000 kali, di permukaan serat bambu terdapat banyak cekungan dan cembungan, membentuk lubang-lubang berbentuk oval, lubang yang besar. Hal ini menunjukkan daya kapilaritas yang tinggi, bisa dengan cepat menyerap dan menguapkan air.
 Di suhu 36°C, dalam kondisi 100% basah, daya serap kembali serat bambu mencapai 45%, sirkulasi udara lebih tinggi dari katun 3.5 kali, maka disebut juga “Serat yang bisa bernapas”. 

4. Daya tembus ultraviolet di katun adalah 25 %, sedangkan pada serat bambu 0,6 % karena memiliki zat Klorofil Copper Sodium Ini menunjukkan serat bambu mampu menahan efek panas dan radiasi matahari jauh lebih baik dari katun. Jadi pakaian dari serat bambu di tengah cuaca yang panas, kita tetap akan terasa lebih sejuk.

5.Fungsi menjaga kesehatan 
Mengandung banyak pectin, madu bambu, tyrosine, vitamin E dan SE, GE berbagai mikro elemen lainya yang dapat melawan kanker, anti-tua. Anti oksida dari “Elemen bambu” dapat dengan efektif menghilangkan radikal bebas di tubuh, memiliki kemampuan anti-tua; gabungan dari peroxide dan esters dapat menghentikan Carcinogen, N-nitrite ammonia, yang dengan jelas meningkatkan antibodi tubuh.

6. Hypoallergenic . karena sifatnya yang organik, serat bambu tidak menyebabkan iritasi bagi kulit yang sensitif.

7. Serat bambu tidak membawa muatan listrik statis, sehingga menyebabkan anti gatal.
 Kenyamanan dari pakaian ditentukan dari tiga unsur, nyaman di cuaca panas, nyaman di cuaca dingin, nyaman disentuh. Daya serap serat bambu yang tinggi, sirkulasi udara yg baik, tingkat emisi sinar infrared panjang mencapai 0.87. Pakaian apa pun dari serat bambu akan membuat serat bambu sejuk di musim panas, hangat di musim dingin , dan sangat nyaman di sentuh.
SECARA FISIKA →:Serat bambu digabungkan  dengan serat katun, bisa berfungsi membantu mempermudah penenunan, menahan bulu-bulu menjadi bola. 

3.Manfaat  tidak langsung:
1.Dapat tumbuh dengan cepat bahkan mencapai 1 meter per harinya, dan siap untuk dipanen setelah berumur 3-5 tahun. Sebuah perkebunan bambu dapat menyerap 5 kali jumlah karbon dioksida di udara dan menghasilkan oksigen 35% lebih banyak daripada pohon biasa. Bambu adalah rumput, jadi setelah dipotong dapat memperbarui cepat tanpa perlu untuk penanaman kembali. Tumbuh sangat padat dan hasil per hektar yang tinggi dibandingkan dengan kapas.

2.Menahan Erosi Tanah,


Produk Serat Bambu: Bambooku PT Moyi Global:  seperti baju, jaket, handuk 
pakaian dalam, kemeja, pakaian olahraga dan pakaian anak-anak, juga dibuat menjadi mode pakaian musim panas serta seprai, tempat tidur

4.Alternatif Sebagai Bahan Produksi Busana Houtecoulture

Busana Houtecoulture Dikatakan juga busana Ekslusif atau busana khusus.karena busana tersebut dibuat secara khusus berdasarkan pesanan,busana ini tidak dibuat secara masal sehingga tidak akan ada yang menyamai.baik model maupu jenis tekstil yang digunakan


Apakah Indonesia Berpeluang?

Dransfield Widjaja (1995) menyatakan 1000 spesise dalam 80 generasi telah ditemukan.sekitar 200 spesies dari 20 generasi ditemukan di Asia Tenggara. 60 jenis ditemukan di indonesia

By: Irvan Handri Setyo Budi
Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung- Indonesia
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: