Cara Perawatan Jas

Jas adalah saah satu jenis pakaian yang berasal dari serat wol. Banyak digunakan untuk pakaian resmi ataupun pada daerah dingin apabila di Eropa. Harga jas sampai saat ini bisa dikatakan sangat mahal apabila jas tersebut adalah 100 % wol, karena mengingat banyaknya barang tiruan pada saat ini seperti serat jenis poliakrilat.

Mengingat  selain harganya yang mahal, bahan jas adalah terbuat dari serat wol maka perlu penanganan khusus agar jas awet tahan lama serta tidak terjadi kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan perawatan. Berikut adalah beberap perawatan jas agar tahan lama.
1. Menghindari Ngengat pakaian
Wol merupakan serat yang berasal dari bahan protein, sehingga merupakan sumber  makanan bagi ngengat pakaian.Secara biologi, kerusakan pakaian diakibatkan oleh kerusakan keratin pada serat wol. Kerusakan keratin terjadi pada saat ngengat masih dalam bentuk larva.  Penggunaan insektisida terbukti beracun bagi manusia karena mengandung fluor. 
Cara ampuh dan mudah untuk menghindari ngengat pakaian adalah dengan cara pengontrolan. Ngengat menyukai keadaan gelap, lembab dan suhu yang hangat sehingga pakaian hendaknya dipaparkan pada udara terbuka dan cahaya selama 90 menit kemudian bungkus dengan kertas secara rapat. Cara lain selain pemaparan sinar matahari adalah dengan pengasapan atau fumigasi dengan zat seperti naftalen, namun hasilnya kurang memuaskan.
2. Pencucian
Secara kimia, serat wol tidak tahan terhadap alkali. Seperti kita tahu bahwa sabun kebanyakan bersifat alkali, sehingga hindari mencuci wol dengan sabun. Waktu mencuci bahan wol harus berhati-hati, hendaknya digunakan air hangat dengan detergent yang lemah dan diaduk lembut. Perlu diingat  ketika mencuci  tidak boleh digosok-gosok dan diremas-remas.  Hindari pengeringan dengan suhu ekstrim (dry machine) atau pengeringan dengan mesin pengering, cukup dengan pengeringan biasa saja.
3. Membersihkan dari kotoran
Secara fisika, serat wol tidak mudah dikotori oleh debu maupun kotoran. Apabila terjadi, gunakan sikat yang sangat baik dengan permukaan yang tidak terlalu tajam, lembut dan kuat.
4. Penyetrikaan
Jas yang berasal dari wol tidak perlu diilakukan banyak penyetrikaan karena wol relatif mudah kembali dari kusut dan bersifat lenting. Aapabila dilihat dari struktur kimianya,  wol merupakan serat jenis protein yang memiliki bagian dalam molekulnya yang disebut  keratin yang berasal dari beberapa asam amino  yang membentuk rantai polipeptida kemudian diikat silang ikatan sistina dan garam.  Apabila perlu gunakan setrika uap secara perlahan jangan terlalu panas untuk membantu menghilangkan kekusutan.  Penggunaan setrika atau uap juga dapat membunuh larva ngengat, yaitu serangga pemakan keratin dari serat wol.
5. Penyimpanan
Wol cenderung menyerap bau-bauan sehingga dalam menyimpan kain atau jas hendaknya diperhatikan kebersihan lemari penyimpan. Apabila membungkusnya dengan kertas, maka perhatikan bahwa kertas tersebut bersih dan bebas dari noda-noda

oleh: Irvan Handri S.B  
     Teknologi Barang Jadi Tekstil
      Sekolah tinggi Teknologi Tekstil





Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: