Rami Fiber

Serat rami telah dikenal dian digunakan di tiongkok atau Cina sejak beberapa ribu tahun yang lalu. Serat ini muda tumbuh didaerah yang berudara lembab dan panas. Pohonnya dipanen dengan cara ditebang, kemudian diambil batangnya. Proses degumming adalah sebuah proses kimia untuk mengambil serat dari batangnya. Serat rami adalah salah memiliki panjang sekitar 30 cm dan merupakan serat kategori serat yang panjang dai jenis serat batang. Sebelum dipintal biasanya seratnya dipotong-potong dahulu menjadi stapel agar lebih pendek.

Serat rami tersusun  dari molekul selulosa sehingga sifatnya yang mirip dengan selulosa lainnya. Serat ini rusak terhadap asam sulfat 70% dan menggembung dalam larutan alkali.  Dalam keadaan basah, kekuatannya sangat baik. Sifat yang menarik dari serat rami adalah kilaunya yang hampir seperti sutera. Adapun karasteristik lainnya dapat dilihat seperti pada tabel dibawah ini.

Sifat
Keterangan
Daya serap
Sangat baik dan sangat higroskopis serta cepat kering
Efek panas
Baik, berkilau
Elastisitas
Mulur serat berkisar antara 2-10 % dengan rata-rata 3-4 %
Sifat terhadap zat kimia
Rusak dalam asam kuat serta menggembung dalam larutan alkali
Stabilitas dimensi
Tidak mudah mengkeret
Kekuatan
3-9 g/denier
 
Serat rami memiliki kejelekan yaitu sifat kaku, kelentingan rendah, mudah kusut, keelastisan rendah, rapuh sehingga mudah sobek saat  kain dilipat pada tempat yang sama.
Morfologi serat rami mirip seperti kapas dengan lumen yang lebih besar daripada kapas, tetapi penempang memanjang serat rami tidak terdapat pilinan seperti halnya serat kapas.

                           

Penggunaan serat rami seperti pembuatan kain kanvas, teli temali, kain jala. Pada penggunaan tekstil pakaian banyak dicampur engan serat lainnya seperti kapas atau serat buatan lainnya untuk kain celana, baju, sapu tangan sampai dengan tekstil rumah tangga seperti taplak.



               oleh: Irvan Handri S.B
                    Sekolah tinggi Teknologi Tekstil
                    budiirvan346@ymail.com

dirangkum dari sumber bacaan:
1. Jumaeri.,S.Teks, dkk, Pengetahuan Barang Tekstil, Institut Teknologi Tekstil, Bandung, 1977.
2. Dr. Noerati., S.Teks.,MT, dkk, Bahan Ajar Pendidikan & Pelatihan Profesi Guru (PLPG)” Teknologi Tekstil, STT Tekstil, Bandung, 2013
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: