Pengurangan Kadar Mineral Air untuk mendapatkan Denim Water

Beberapa proses produksi tekstil misalnya pembuatan serat buatan seperti  Polyester mensyaratkan penggunaan air dengan kadar mineral yang rendah. Kadar mineral dalam air biasa seperti waduk, air tanah maupun kali sering kali memiliki kadar mineral yang cukup tinggi sehingga perlu dilakukan pengerjaan sedemikian rupa. Dibawah ini adalah beberapa pengerjaan yang sering kali dilakukan di Divisi spinning fiber seperti untuk mendapatkan Denim Water.


Proses pengolahan air Denim yang mengalami beberapa proses tahapan pengerjaan, yaitu:

1. Proses pengendapan
Air waduk dipompa ke bak penampungan dan untuk mengendapkan kotoran-kotoran, partikel-partikel serta membunuh kuman. Bak penampungan terdapat tiga ruang dan pada ruang ketiga ditambahkan alumunium sulfat dan clor untuk mempercepat pengendapan dan penjernihan air karena mengikat kotoran dan membunuh kuman.

2.Proses penjernihan
Air yang telah mengalami proses pengendapan selanjutnya dipompa ke tangki MGF (Multi Grade Filter) yang didalamnya terdapat butiran pasir untuk menyaring air yang selanjutnya air ditampung dalam tangki penampung (tower tank) dengan pH air 6,6 sampai 7,7.

3. Proses pelunakan
Air dari tower tank di pompa ketanki carbon filter untuk disaring kembali dan menghilangkan kandungan clore sampai 0,3 ppm. Selanjutnya air masuk ke tanki SAC (stronge Acid Cation) untuk menghilangkan unsur (Mg), (Ca),(Fe). Kemudian di pompakan ke tanki SBA (stronge Base Anion) untuk menghilangkan SiO2. Unsur-unsur ini dihilangkan atau direndahkan kadarnya agar tidak menggangu proses produksi. Kemudian air tersebut disalurkan pada storage tank untuk kemudian di alirkan pada departemen-departemen produksi yang membutuhkan.

by   : Irvan Handri S.B
       : Ministry of Industry Republic Indonesia, High School Textile Technology
       : budiirvan346@ymail.com
source:  Galuh Eko Wibowo, Laporan Praktek Kerja Lapangan, 
              STT Tekstil,  Bandung,2009           
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: