Serat-serat Tekstil untuk "Specialty Paper of money"


Tidak banyak yang tahu dari bahan apa kertas uang dibuat. Apakah sama dengan bahan kertas biasa yang umum digunakan sebagai alat tulis menulis sehari-hari.  Apa hubungannya antara tekstil dan kertas uang. Sebelum membahas mengenai kertas uang disini harus digolongkan dahulu mengenai kertas, yaitu kertas untuk keperluan uang dan untuk keperluan kertas kantor. Secara umum semua kertas baik kertas uang maupun kertas kantor terbuat dari bahan pulp. Pulp merupakan material dari sebuah pemisahan serat dari bahan baku berserat (kayu maupun non kayu) melalui berbagai proses pembuatannya (mekanis, semi kimia, kimia).

Pulp adalah bahan berupa serat berwarna putih yang diperoleh melalui proses penyisihan lignin dari biomassa ( delignifikasi). Pulp digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan kertas dan dapat juga dikonversi menjadi senyawa turunan selulosa termasuk selulosa asetat. Penyisihan lignin dari biomassa dapat dilakukan dengan berbagai proses yaitu mekani, semikimia dan kimia.

Perbedaan mendasar antara bahan baku pulp untuk kertas biasa dengan kertas untuk keperluan uang. Jawabannaya adalah bahan pulp pembantuknya. Bahan baku kertas kantor terbuat dari tumbuh-tumbuhan dengan jenis kayu (wood), sedangkan bahan baku pulp untuk kertas uang adalah bahan bukan kayu (non wood).


Albazia Falcatera, Eucalyptus sp, Antochehalus caladabin,  tusam, cemara, pinus adalah kayu  yang biasa diproses menjadi pulp untuk kertas kantor. Pulp tersebut juga dapat dibuat serat rayon/ benang rayon untuk tekstil. Untuk kertas keperluan uang menggunakan bahan bukan kayu (non wood). Serat non kayu ini sama dengan apa yang digunakan untuk serat industri tekstil. Kertas uang terbuat dari pulp serat misalnya abaca, cotton, flax, rami, kenaf, sisal. Pertimbangan pemilihan bahan serat yang umum digunakan sebagai bahan tekstil tersebut adalah banyak hal. 
tanaman kapas/cotton
Uang adalah jenis alat pembayaran dalam berbagai hal. Kertas untuk bahan baku uang termasuk kedalam katagori kertas khusus (specialty paper). Kertas sekuritas merupakan jenis kertas yang memiliki sifat-sifat yang sangat khusus, terutama kekuatan tarik, kekuatan lipat, sifat cetak dan lain-lain serta tidak mudah untuk dipalsukan. Berbeda dengan jenis kertas biasa yang umum digunakan sebagai kertas kantor, dimana faktor tersebut tidak berpengaruh banyak. Kertas sekuritas adalah kertas yang didalamnya terdapat ciri-ciri pengaman (security features) untuk menghalangi pemalsuan (to detercounterfeiting), watermark berbagai bentuk, serat-serat yang bisa terpendar ( fluorescent fibers), noda yang rektif terhadap warna (color reactive stain), dan ciri-ciri yang biasa dideteksi dengan sinar ungu (UV) atau dengan air.

Kertas sekuritas atau kertas untuk uang harus sangat sulit dipalsukan, tetapi mudah dibuktikan (diverifikasi). Dibawah ini adalah persyaratan lain untuk bahan baku kertas uang dimana sifat-sifat serat harus memiliki:
·         Tensile Strength (indeks tarik) bagus
·         Tearing Strength (ketahanan sobek) tinggi
·         Folding endurance (ketahanan lipat) tinggi
·         Tahan lama (durable)
·         Tidak mudah luntur
·         Perlu zat kimia tertentu untuk menghindari pemalsuan.

Bahan baku kertas yang selama ini digunakan untuk kertas sekuritas adalah serat cotton dan campuran serat linen atau serat lain yang dapat meningkatkan mutu. Bahan terbaik untuk pembuatan kertas uang adalah kapas atau cotton. Bukan panjang seratnya yang menjadi pertimbangan cotton, namun melainkan serat pendek yang menempel pada biji kapas yang biasa disebut linters.  Yaitu serat yang memiliki panjang yang pendek karena umumnya merupakan serat yang belum cukup tua. Umumnya bahan baku pembuatan pulp untuk kertas uang adalah linters cotton yang di campur dengan serat abaca. Selain itu juga bisa berasal dari campuran linters cotton dengan serat rami, atau linters cotton dengan serat kenaf.

Misalnya kertas mata uang dollar USA yang terbuat dari campuran (linters + abaca, linters +rami, linters + kenaf). Selain mata uang dollar, juga mata uang negara filipina yang merupakan salah satu negara penghasil serat abaca terbesar didunia, menggunakan campuran linters + abaca sebagai kertas uang peso. Mata uang peso menggunakan komposisi 80 % linters kapas dan 20 % serat abaca. Selain dollar dan peso, mata uang negara korea saat ini juga telah menggunakan 100% linters cotton.
tanaman abaca
Dibawah ini adalah beberapa sifat dan karakteristik dari serat tersebut. Sifat fisika beberapa serat alam:
Sifat kimia srat kapas, rami, kenaf, dan abaca:
Hasil penelitian menunjukkan bahwa serat abaca grade S2 (warna putih) dan Y2 (warna serat kusam sampai agak kotor, benang seratnya pendek dan tidak teratur) dapat dibuat pulp untuk kertas dengan kualitas diatas mutu pulp abaca komersial. Serat rami menghasilkan pulp dengan kualitas yang baik. Perbandingan serpih dengan larutan adalah 1:4 pada suhu 160 ℃ selama 3,5 jam dengan alkali aktif dan antrakinon masing-masing 12 dan 0,1 % memberikan hasil yang optimal. Rendemen pulp rami yang dihasilkan sebesar 69,76 dengan bilangan kappa 12,43.
tanaman rami


Serat sisal misalnya, juga dapat digunakan sebagai bahan kertas khusus (specialty papers) namun jarang. Serat sisal memiliki karakter 56-66% ∝--selulose, 12-17 % hemiselulose, 7-14 % lignin, 1 % pektin dan 1-7 % abu. Serat sisal memiliki kekuatan tarik, porositas, bulk. daya serap, dan daya lipat yang tinggi.
tanaman sisal
Serat Flax atau biasa disebut linen juga dapat digunakan sebagai bahan kertas khusus   namun masih jarang. Mempunyai panjang 10-40 mm. Yang terdiri dari 64,1% selulose, 16,6% hemiselulose, 2% lignin, dan 1,8% pektin.

Serat lainnya selain flax adalah serat kenaf yang memiliki karakter dan sifat panjang antara 1,5–12 mm dan lebar antara 7–41 μm. Serat kenaf mengandung 44–62% α-selulose, 14–20% hemiselulose, 4–5% pektin, 6–9% lignin, dan 0–3 % abu. Serat kenaf dapat dibuat pulp dan kertas, lebih kuat daripada pulp kayu lunak lainnya, sedangkan pulp dari seluruh batang kenaf mempunyai kekuatan berada di antara pulp kayu lunak dan pulp kayu keras.
tanaman kenaf
Sehingga dapat diketahui bahwa pemilihan bahan pulp untuk kertas uang berasal dai bahan yang sama dengan serat untuk tekstil. Pembuatan pulp untuk specialty paper mempertimbagkan banyak hal untuk keperluan pembuatan kertas uang.  Kertas uang termasuk kedalam jenis kertas khusus, sehingga tidak bisa menggunakan bahan untuk membuat kertas kantor.


oleh: Irvan Handri S.B
        Textile Technology
         Ministry of Industry Republic Indonesia, High School Textile Technology
         budiirvan346@ymail.com


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

Tommy het gesê...

Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

Salam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management

OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical