Spreading di Industri Garment

SPREADING / GELAR SUSUN DI INDUSTRI GARMEN


Tujuan penggelaran kain adalah untuk mendapatkan tumpukan kain yang siap untuk dipotong sesuai dengan pola yang ada dimarker. Proses gelar susun kain secara sederhana dapat dijelaskan sbagai berikut, yaitu kain digelar dan ditumpuk dengan tinggi tertentu, setelah itu dipotong menggunakan alat potong dengan terlebih dahulu diberikan kertas marker diatas tumpukan kain.

Bentuk Metoda penggelaran kain
Dalam menggelar kain untuk ditumpuk dalam satu tumpukan dibedakan beberapa cara penggelaran, yaitu cara one way, two way.

1. One Way
Yaitu metode menggelar dengan cara kain digelar dari gulungan kain dan dipotong bagian ujung dekat dengan gulungan kain apabila panjang kain telah dikehendaki.


                                                                          Ilustrasi menggelar kain cara one way
2. Two way
Metode menggelar dengan cara gulungan kain berjalan dari arah yang berbeda dari panjang kain. Untuk kain yang relatif berat dan metode penggelaran secara manual, cara Two way banyak memiliki kendala yaitu gulungan kain yang berat. Cara two way dapat juga dengan tidak memotong kain pada bagian ujung,sehingga kain dibiarkan terlipat.

                                                                                   Ilustrasi menggelar kain cara two way

Cara peletakan kain
Cara peletakan kain pada proses gelar susun dapat dibedakan menjadi tiga:
1. Face up Yaitu cara meletakkan kain dengan cara arah depan semua menghadap keatas.

                                                                              Ilustrasi meletakkan kain cara face up.
2. Face down Yaitu meletakkan kain dengan arah menghadap kebawah.

                                                                             Ilustrasi meletakkan kain cara face down
3. Face to Face, yaitu meletakkan kain dengan arah saling menghadap.

                                                                             Ilustrasi meletakkan kain cara face to face 

 Bentuk Metoda penyusunan kain.
Beberapa bentuk gelar susun yang biasa digunakan pada Proses gelar susun kain yaitu:
1. Bentuk penggelaran tunggal
Bentuk gelar bahan tunggal dilakukan hanya menggunakan satu lembar kain dan biasanya bentuk gelar susun ini digunakan untuk membuat sampel Prototype.


                                                                                 gelar susun bahan tunggal.
2. Bentuk gelar susun rata.
Bentuk gelar susun jenis ini dilakukan dengan panjang lapisan yang sama. Gelar susun ini digunakan untuk satu ukuran yang sama dan dikhususkan untuk kain-kain dengan motif khusus (batik,salur dan kotak-kotak ) Gelar susun untuk kain bermotif batik dan kotak-kotak dilakukan dengan mengguakan bantuan jarum.
                                                                                             gelar susun rata.
3. Bentuk gelar susun berjenjang
Bentuk gelar susun jenis ini dilakukan dengan menumpuk kain dengan tinggi yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk mempercepat waktu dalam spreading. Memerlukan marker yang berbeda setiap jenjang tumpukan. Umumnya digunakan untuk mendapatkan pemanfaatan kain yang efisien.

                                                                                       gelar susun berjenjang.

Cara Gelar susun kain
Cara penggelaran kain pada industri garmen secara umum hampir sama, hanya saja tingkat teknologi yang membedakanya. Secara sederhana penggelaran kain diindustri dapat dibedakan berdasarkan tingkat teknologinya yaitu secara manual dan otomatis.

1. Penggelaran kain dengan tangan diatas meja datar
Penggelaran kain dengan tangan masih banyak dilakukan di industri pakaian jadi.cara ini adalah cara yang paling sederhana, ekonomis karena kain dapat langsung digelar dari gulungan atau tumpukan asalnya.Gulungan kain dapat terletak pada rangka yang dapat meluncur pada sisi luar meja potong.Yang perlu diperhatikan adalah pelurusan sisi lapisan gelaran. Penjagaan agar tidak terjadi lipatan-lipatan adapermukaan kain, menjaga tegangan penggelaran dan yang tidak kalah penting adalah memeriksa keadaan cacat kain bila ada.


                                                                                            Spreading secara manual.
2. Penggelaran kain dengan tangan melalui bantuan jarum kain
Cara ini mengguakan meja yang dapat diatus kemiringan permukaannya. Meja dilengkapi dengan perlatn-peralatan yang dapat memiringkan permukaan meja lebih kuran10 dari letak Horizontal meja. Pada ujung yag tinggi dari permukaan meja dilengkapi dengan jarum kait dengan panjang sekitar 15cm. Dan mempunyai jarak 20-25 cm satu sama lain. Pada saat penggelaran kain, operator penggelar dapat menancapkan kain pada jarum-jarum tersebut sambil mengatur tegangan kainnya. Setelah proses Penggelaran selesai, pososo meja dapat dikembalikan lagi kearah Horizontal dan jarum dapat dilepaskan dari tumpukan gelaran.

3. Penggelaran Kain dengan Mengunakan mesin penggelar
Penggelaran kain dilakukan dengan mesin penggelar yang dapat bergerak dngan bebas diatas rel yang diasang disisi bagian luar meja potong. Mesin gelar yang modern dilengkapi dengan motor penggerak,kursi untuk operator ,alat pemotong kain sekaligus dengan pemegang kainnya. Peralatan penunjang lainnya adalah lampu inspeksi, penghitung lapisan, pengatr letak pinggiran kain dan pemutar letak gulungan kain. Lebar mesing penggelar ini dapat mencapai 3 meter  dan berat gulungan kain maksimum berkisar antara 80-675 kg, dengan kecepatan gelar kurang lebih 100 meter permenit.

                                                                                    Spreading secara otomatis
by: Irvan Handri.S.B         High School Textile Technology, Ministry Of Industry            budiirvan346@ymail.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment